Friday, November 21, 2014

Alam

Bismillah, alam adalah ciptaan Tuhan yang hidup. Mereka hidup dengan keseimbangan yang diciptakan Tuhan. Pohon, tanah, air, dan makhluk hidup di dalamnya. Dewasa ini, terdengar alam begitu marah pada kita, bencana dimana mana, tak pandang tempat dan waktu. Begitulah ucapan para pengkhianat alam. 

Biar kuceritakan sedikit kisah tentang bencana alam. Sejatinya tak ada bencana alam di dunia ini. Alam tak pernah membuat bencana. Alam melakukan itu untuk memulihkan alam itu sendiri. Ibarat manusia yang pegal jika terus berdiam, begitu pula dengan alam. Gunung meletus, tsunami, gempa bumi, banjir, dll merupakan aktivitas alam untuk kebaikan alam itu sendiri. 

Seperti banjir, bahasa kerasnya kelebihan air. Hujan dimana-mana. Tak ada tempat untuk menampung. Apakah kita harus menyalahkan hujan? Asal kau tahu saja.  Tuhan saja tak pernah mengajarkan sholat meminta  hujan berhenti. Yaaa, karena hujan adalah berkah, berkah bagi makhluk hidup yang mendapatkannya. Nanti akan kuceritakan di lain tulisan soal berkah hujan.

Lantas siapa yang membuat bencana sebenarnya?
Right, anak-anak pun tahu siapa pelakunya. Tak perlu menyalahkan mereka para penguasa atau orang-orang berduit. Bukan hanya mereka, tapi kita. Hal-hal kecil sedikit demi sedikit membuat alam pegal. Ayolah, tak perlu berlomba-lomba kita menanam pohon, karena sejatinya tak ditanam pun alam akan hidup oleh Tuhan. Gunung yang tak diusik oleh manusia selama 10 tahun. Ia akan lebih hidup, lebih ramai pepohonan dan makhluk di dalamnya. Percayalah alam memiliki keseimbangannya sendiri. Tak usah kita mengusik kehidupan mereka. Hiduplah dengan damai. Hargai sesama ciptaan Tuhan.

Selamat Hari Pohon :)

No comments:

Post a Comment