Monday, September 16, 2013

Andai Waktu Lebih Cepat


Ibnu Umar ra. berkata, Rasulullah SAW memegang pundakku lalu bersabda :
Jadilah engkau di dunia laksana orang asing atau orang yang menyeberangi jembatan. Ibnu Umar ra. berkata : Bila engkau berada pada sore hari, maka jangan menunggu datangnya pagi, dan bila engkau di pagi hari, maka jangan menunggu datangnya sore. Manfaatkan sehatmu sebelum sakitmu, dan waktu hidupmu sebelum matimu.
(HR. Bukhari)

Maksud dari asing pada hadits di atas adalah islam lahir dengan penuh keterasingan, maka janganlah kalian takut terhadap keterasingan. Pernahkah kalian merasa asing ketika akan melakukan ibadah yang jarang orang melakukannya? Saya rasa pernah, misalnya melaksanakan sholat dhuha, jarang orang yang melaksanakan sholat ini maka kalian menjadi ragu dan malu melaksanakannya, padahal itu adalah nilai lebih kita untuk melaksanakan ibadah sunah yang Allah sangat menyukainya.

Jangankan berbicara tentang ibadah sunah yang kita laksanakan secara terasing, perintah wajib Allah juga terkadang kita merasa asing. Saya teringat ucapan sahabat saya, ketika seorang sahabat menanyakan keraguannya untuk memakai jilbab yang syar’I dan pakaian yang syar’I (memakai manset dan kaos kaki) dan banyak orang yang berkata itu lebay dan berlebihan beliau menyampaikan jadilah orang asing karena islam terlahir asing pada zaman dahulu.

Yuk mari kita menjadi orang asing di muka bumi ini yang melakukan ibadah yang dicintai oleh Allah. :)

Sahabat, kembali kepada hadits di atas. Pernahkah kalian menginginkan waktu lebih cepat? Atau menginginkan waktu lebih lambat dari yang seharusnya. Mari renungkan sahabat, sesungguhnya menginginkan hal tersebut merupakan kesia-siaan, bukankah kaliah tahu bahwa waktu itu tidak bisa dipercepat dan tak bisa dimundurkan sedetikpun. Alangkah lebih baik, kita memikirkan untuk melakukan kegiatan yang bisa mengisi waktu kita sekecil apapun kegiatan tersebut. Jangan sampai waktu kita kosong, manfaatkanlah waktu luangmu sebelum sempitmu.

Pernahkah kalian mendengar istilah waktu adalah pedang? Pedang bisa menjadi penolongmu dan bisa menjadi pembunuh untukmu. Maka dari itu, gunakanlah pedangmu dengan baik niscaya pedang itu akan membantumu melawan musuh, membuatmu merasa gagah dan membuatmu berani menghadapi hidup.

No comments:

Post a Comment