Wednesday, August 14, 2013

Silaturahim loh bukan Silaturahmi

Sedikit berbagi yah..
Hari minggu kemarin alhamdulillah diberi kesempatan untuk ikut memeriahkan halal bihalal keluarga sepupu, acaranya meriah sangat menginspirasi. sampai pada saat tausyiah yang disampaikan oleh  H. Syadeli Karim,Lc uwa saya sendiri, hehe yang merupakan ketua umum perguruan mathla'ul anwar. Alhamdulillah banyak pesan yang beliau sampaikan mengenai silaturahim. Subhanallah pentingnya silaturahim bagi kita sesama manusia, karena dengan silaturahim kita dapat mengenal satu sama lain, apalagi keluarga.


عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ عَنِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ « تَعَلَّمُوا مِنْ أَنْسَابِكُمْ مَا تَصِلُونَ بِهِ أَرْحَامَكُمْ فَإِنَّ صِلَةَ الرَّحِمِ مَحَبَّةٌ فِى الأَهْلِ مَثْرَاةٌ فِى الْمَالِ مَنْسَأَةٌ فِى الأَثَرِ ». قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ غَرِيبٌ مِنْ هَذَا الْوَجْهِ. وَمَعْنَى قَوْلِهِ « مَنْسَأَةٌ فِى الأَثَرِ ». يَعْنِى زِيَادَةً فِى الْعُمُرِ.

Imam Tirmidzi meriwayatkan dari Abu Hurairah dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, beliau bersabda: "Belajarlah dari nasab kalian yang dapat membantu untuk silaturrahim karena silaturrahim itu dapat membawa kecintaan dalam keluarga dan memperbanyak harta, serta dapat memperpanjang umur." Abu Isa berkata: Ini merupakan hadits gharib melalui jalur ini.



Beliau bercerita, dahulu kisah nyata telah terjadi, ada 2 muda mudi tengah berkelahi di jalanan. mereka saling pukul memukul hingga keduanya di bawa ke rumah sakit, setelah di rumah sakit ketika bertemu dengan keluarga masing-masing baru diketahui bahwa keduanya adalah adik kakak kandung. Mengapa hal demikian bisa terjadi? Ya, tak lain tak bukan adalah karena kurangnya silaturahim diantara mereka.

Satu lagi yang menarik, beliau mengatakan bahwa kebanyakan diantara kita masih salah dalam mengucapkan kata silaturahim dengan menyebutnya dengan silaturahmi, padahal secara kata keduanya itu memiliki arti yang berbeda. Saya langsung memasang kuping serius waktu itu, beliau menjelaskan bahwa Silah itu berarti menyambungkan, sedangkan rahmi mempunyai arti adalah rasa nyeri yang timbul pada saat melahirkan, adapun rahim adalah kasih sayang sebagaimana Allah meiliki sifat Ar Rahim, Yang Maha Penyayang. 

Dengan demikian, silaturahim = hubungan kasih sayang,
sedangkan silaturahmi = penghubung uterus (tali pusar yg menghubungkan ibu dan anak).
Alhamdulillah sedikit ilmu, saya sendiri dulu terkadang menyebut silaturahim dengan siaturahmi, semoga bermanfaat... :)


No comments:

Post a Comment