Monday, June 17, 2013

Cantik dengan Buah dan Sayur


Indonesia sebagai negara agraris yang sebagian besar berpenghasilan dari bercocok tanam tentu sangat dekat dengan alam. Terutama di Pandeglang, 70 % warga Pandeglang bekerja dalam bidang pertanian.
Alam tidak hanya menyajikan keindahannya saja, tetapi manfaat bagi makhluk hidup disekitarnya. Kembalilah ke alam. Ungkapan itu kini kian populer dan semakin dipraktekkan terutama untuk kesehatan dan kecantikan. Cina mengalami penurunan dalam konsumsi alat-alat make up. Mereka lebih memilih memakai sayur dan buah-buahan yang merupakan persembahan dari alam untuk kecantikan kulitnya daripada dengan krem dan kosmetika pabrik lainnya.
Cina saja bisa, mengapa kita yang sebetulnyanya kaya dan sangat dekat dengan alam tidak mampu untuk melakukannya?
Kelebihan buah dan sayur. Pertama, buah dan sayuran bebas dari zat pengawet dan pewangi sehingga aman bagi kulit yang sesensitif apa pun. Kedua, ak yang dikandung buah dan sayur dapat melembabkan kulit, dan lemaknya menghalangi proses penguapan ak melalui pori-pori. Dampaknya, kulit jadi bersih, lembut, lentur dan bercahaya.
Tidak semua sayur dan buah-buahan yang berfungsi untuk kesehatan kulit, hanya beberapa saja. Seperti, Timun, jeruk, apel, labu dan kacang kedelai, seledri serta pisang adalah buah dan sayur yang sangat baik untuk kebersihan kulit, terutama daerah wajah.
Mentimun, kebanyakan orang Indonesia hanya memanfaatkan mentimun sebagai bahan masakan atau lalab. Padahal, selain mentimun kaya akan vitamin, lemak, dan mineral juga dapat memutihkan kulit.
Caranya, olesi wajah dengan jus mentimun tipis dan merata, setelah itu lakukan pijatan ringan yang merata kurang lebih 1 menit.
Langkah selanjutnya, campurkan sisa jus mentimun ke dalam baskom berisi air panas, dan biarkan uap ak itu mengenai wajah selama 5-10 menit, ketika wajah mulai terasa hangat. Lalu, oleskan tipis-tipis jus kacang kedelai yang berfungsi memberi gizi, melembabkan, dan mengatasi iritasi pada kulit, pijat secara merata 5 menitan, diamkan sesaat, dan kemudian hapus semua dengan waslap basah.
Terakhir, gunakan lumatan labu yang kaya dengan vitamin B, C, lemak dan protein, selain memutihkan kulit juga dapat meredam bercak kemerahan pada kulit sebagai masker wajah dan biarkan selama 20 menit, lalu bersihkan.
Dengan melakukan perawatan diatas kita akan mendapatkan kesehatan dan kecantikan maksimal yang dipersembahkan oleh alam.
Sayur dan buah juga ekonomis
            Berapa rupiah yang dikeluarkan oleh ibu-ibu atau para wanita di Pandeglang untuk melindungi kecantikan wajahnya? Betul-betul sangat menguras kantong bukan? bayangkan ratusan ribu bahkan jutaan rupiah hanya untuk perawatan kulit.
Dengan menggunakan kosmetik ala alam tadi. Tidak hanya higenis dan aman, tetapi sangat ekonomis. Sehingga, para ibu atau gadis desa tetap bisa menjaga dan merawat kulit mereka dengan bahan yang ada di sekitar mereka.
Membeli mentimun yang hanya 2000 rupiah sama dengan krem yang harganya mencapai ratusan ribu rupiah. Betul-betul penghematan yang luar biasa.
Dengan berhenti mengkonsumsi alat-alat kosmetika pabrik yang harganya selangit untuk warga yang berpenghasilan kecil dan menggantinya dengan bahan yang murah meriah yang berasal dari tanah sendiri, akan membuat perubahan besar bagi pembangunan SDM di Kabupaten ini.
Dana yang biasanya digunakan untuk membeli kosmetik pabrik bisa lebih bermanfaat. Seperti untuk pendidikan, kesehatan, dan pemberian asupan gizi yang seimbang. sehingga sangat membantu menurunkan SDM buruk di Pandeglang.


No comments:

Post a Comment